MAN Lamongan Gelar MASGUE (Manela Scout League) Se-Jatim
Posting : 11 Maret 2017 10:16:13 Oleh : M. Zamroni, S. Kom

LAMONGAN-Perlombaan demi perlombaan terus digalakkan di lingkungan MAN Lamongan. Kali ini giliran kegiatan Manela (MAN Lamongan) Scout League (MASGUE) III tingkat Jatim.Acara yang diadakan selama dua hari ini diikuti para pelajar anggota pramuka tingkat penggalang MTs dan SMP se-Jatim dari 23 madrasah/sekolah. Mereka memperebutkan piala bergilir MASAGUE yang sudah rutin digelar hampir tiap tahun ini,

 

Kegiatan berlangsung meriah. Acara semakin terlihat semarak karena bukan hanya diikuti oleh ratusan peserta dari puluhan madrasah/sekolah di Jatim, tetapi juga karena acara ini mendaapat perhatian dari Pemkab Lamomngan. Bahkan Sekda Kabupaten Lamongan Yuhronur Efendi sendiri datang untuk membuka acara tersebut. Hadir juga Kepala MAN Lamongan Akhmad Najikh dan jajaran pimpinan lainnya.

Dengan mengenakan seragam pramuka, ratusan peserta dari berbagai daerah di Lamongan ini mengikuti berbagai perlombaan yang digelar. Ada enam jenis perlombaan yang diperebutkan, di antaranya lomba poster, pionering, semaphore dance, manela scout competion, PBB creasi, dan story telling. Keenam jenis perlombaan tersebut dibagi untuk kelompok putra dan putri.

Perlombaan bukan hanya digelar pada siang hari, tetapi juga sampai larut malam. Meski begitu, mereka tetap semangat untuk bisa memperebutkan tropi kejuaran bergengsi tingkat Jawa Timur meski harus menginap di arena MAN Lamongan. Suasana larut malam masih tetap terasa meski sudah tidak ada kegiatan karena seluruh peserta tidak pulang. Mereka menginap di madrasah dengan membuat bumi perkemahan di madrasah. Tercatat ada 46 pangkalan perkemahan terlihat berdiri di halaman madrasah. “Pagi harinya, mereka meneruskan perlombaan lagi,” kata panitia Moh. Zamroni di sela-sela kegiatan.

Dari perlombaan yang digelar, peserta dari MTs Model Babat Lamongan banyak mewarnai tiap perlombaan yang digelar. Bahkan, banyak di antara mereka menyabet tropi juara, sehingga bisa dmaklumi bila juara umum direbut oleh MTs Model Babat Lamongan. Tak hanya kelompok putra, peserta putrid MTs Model Babat Lamongan juga berhasil menjadi peserta terbaik. Bahkan, juara umum pangkalan direbut MTs Model Babat, begitu juga juara umum Kemenag juga dipegang MTs Model Babat. Tak hanya itu, MTs Model juga berhasil ditetapkan sebagai juara favorit kepala MAN Lamongan.

Di antara perlombaan yang direbut peserta MTs Model Babat adalah lomba story telling dapat juara I, sementara lomba poster putra direbut MB. MIFTAHUL ULUM Madiun sebagai juara I,  dan lomba peonering putra dipegang  MTS AL MUHTADI sebagai juara I.  Adapun lomba semarphone direbut peserta dari SMPN 1 TIKUNG sebagai juara I. “Juara terbaik direbut oleh peserta dari MTs Model Babat, baik putrid maupun putra,” jelas Zamroni. (roudlon)

 

Tentang Man Lamongan